Para Kartini Pertanian

Stewardship

Sama seperti petani laki-laki, petani perempuan berperan di hampir semua tahap produksi. Meski di beberapa daerah, perempuan yang bekerja di sektor pertanian biasanya lebih sering terlibat dalam proses penanaman tanaman budidaya ataupun kegiatan setelah panen.

Sebagai wujud kepedulian Syngenta dalam menjaga kesehatan dan keselamatan petani perempuan, sebuah lomba foto untuk para petani perempuan dengan judul #KartiniSadarAPD diadakan pada bulan April lalu. Lomba foto ini diadakan selain untuk memperingati hari Kartini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), terutama pada saat melakukan pencampuran dan penyemprotan produk perlindungan tanaman.

Lomba ini diadakan di Facebook Rumah Tani https://bit.ly/3xhqil2. Dari 52 foto yang masuk, panitia memilih tiga orang pemenang utama yang dinilai telah menggunakan APD dengan baik dan tepat.

Diharapkan dengan adanya lomba foto ini petani khususnya petani perempuan semakin sadar bahwa kesehatan dan keselataman adalah yang utama. Petani perempuan memiliki peran ganda sebagai ibu rumah tangga sekaligus sebagai pencari nafkah. Oleh karena itu sudah selayaknya jika petani perempuan menjadi contoh bagaimana bekerja yang aman, selamat dan tetap menghasilkan produk pertanian optimal untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Story contributor: Vicki Rizki Arneldi – Stewardship Manager