Pelatihan Stewardship Petani Kepala Sawit | Syngenta

Pelatihan Stewardship Petani Kepala Sawit

Stewardship
15.09.2021
Syngenta bekerjasama dengan Ikatan Koperasi Sertifikasi Kabupaten Kutai Timur mengadakan kegiatan Training of Trainer dan Training of User kepada perwakilan anggota dari tujuh Koperasi Kelapa Sawit (Makarti, Pantun Sejahtera, Marga Indah, Jasa Mutiara Kongbeng, Usaha Tani Sejahtera, Karya Indah, Sumber Rejeki) di Kabupaten Kutai Timur pada 15-16 Juni 2021.
Pada tanggal 15 Juni 2021 sebanyak 30 orang calon pelatih mengikuti Training of Trainer. Pada 16 Juni 2021 selain 30 orang yang telah mengikuti Training of Trainer bergabung juga 40 orang petani swadaya mengikuti Training of User yang akan mendapatkan surat keterangan bahwa telah mengikuti pelatihan herbisida terbatas yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanian/KP3 Kabupaten Kutai Timur. Kepala Seksi Kelembagaan dari Dinas Pertanian Kutai Timur, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Muara Wahau, dan Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur hadir sebagai pemateri/narasumber pada kegiatan pelatihan ini.
Dalam kegiatan ini Syngenta memberikan materi edukasi penggunaan produk perlindungan tanaman yang tepat, efisien dan efektif, sehingga kelapa sawit dapat berproduksi optimal. Selain itu Syngenta juga mendemostrasikan teknologi dan inovasi alat semprot baru yang disebut Close Loop Knapsack System (CLKS) yang dikembangkan untuk membantu mengurangi risiko paparan produk perlindungan tanaman.
Sudah menjadi komitmen Syngenta untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan manfaat dalam penggunaan produk perlindungan tanaman sehingga petani tetap aman dan dapat menghasilkan produktivitas yang optimal.
Melalui kegiatan Training of Trainer dan Training of User ini diharapkan ada peningkatan pengetahuan dan kemampuan petani kelapa sawit dalam penggunaan produk perlindungan tanaman sehingga muncul pelatih-pelatih mandiri kelapa sawit yang mumpuni.
Story contributor: Abdul Muin (Agronomist CP Kalimantan) & Umi Ginanto (Demand Creation Manager CP Kalimantan)