You are here

Klub 10 Ton

Tujuan:
Berbagi ilmu teknis pertanian berkelanjutan serta praktik agronomi yang baik kepada petani padi dan meningkatkan hasil tani hingga 10 ton per hektar.

Transfer pengetahuan adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas petani kecil. Teknologi dapat diletakkan di tangan petani, tetapi tanpa pengetahuan tentang cara menggunakan teknologi tersebut dan memasarkan hasilnya, petani tidak dapat meningkatkan produksi dan keuntungan secara berkelanjutan.

Program Klub 10 Ton dibuat untuk menjawab tantangan tersebut. Program ini diprakarsai oleh Syngenta sejak tahun 2011, bertujuan untuk mendorong para petani padi yang progresif untuk mau berbagi keahlian dengan para petani lain, mendorong mereka untuk membuat perubahan yang nyata dengan meningkatkan hasil pertanian dan pendapatan mereka.

Program ini diinisiasi di Jawa Timur. Petani padi yang sudah sukses didorong untuk membagi pengetahuannya kepada petani lainnya tentang praktik pertanian yang baik dan menerapkan teknologi GROMORE™ dari Syngenta.

Petani yang berhasil meningkatkan hasil panen hingga 10 ton per hektar diundang untuk bergabung dengan Klub 10 ton. Program ini didukung oleh para ahli pertanian Syngenta dan penyuluh pertanian pemerintah. Para pemimpin kelompok tani ini kemudian berbagi pengetahuan mereka kepada petani kecil lainnya.