Farmer Field Day di Lampung Timur | Syngenta

Farmer Field Day di Lampung Timur

Cerita Lapang
04.12.2019

Tim Syngenta di lapangan menjadi garda terdepan untuk senantiasa berbagi ilmu teknis dengan petani untuk mengatasi tantangan di lahan pertanian.

Kegiatan temu langsung dengan petani di Lampung Timur pada 4 Desember 2019 menjadi salah satu contohnya.

Dalam acara Farmer Field Day ini Syngenta berbagi ilmu mengenai pengendalian Fall Army Worm (FAW) atau Ulat Grayak (Spodoptera Frugiperda). Kebetulan ada salah seorang petani yang lahannya jagungnya diserang hama FAW tersebut di saat tanaman jagung baru berumur 20 HST (hari setelah tanam).

Syngenta memberikan informasi lengkap mulai dari mengenali ciri-ciri tanaman yang sudah mulai terkena serangan FAW, ciri-ciri ulat FAW, termasuk telur dan serangga serta siklus hidupnya. Selain itu, tim dari Syngenta memberikan kesempatan kepada petani untuk mencari ulat yang sudah mati di tanaman jagung yang sebelumnya sudah diaplikasi dengan salah satu teknologi perlindungan tanaman dari Syngenta yang sudah terdaftar untuk mengatasi FAW.

Sebanyak 33 petani dan 1 Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian Lampung Timur hadir dalam acara ini. Petani jagung menanggapi acara ini dengan penuh semangat, karena informasi penanggulangan FAW sangat penting demi melindungi hasil panen jagung mereka.

Bagi Syngenta, bekerja erat bersama petani dan PPL di daerah dalam berbagi ilmu adalah bagian penting mendukung pemerintah menjaga ketahanan pangan.

Story contributor: Ruri Herawan – Syngenta Indonesia