Kunjungan Kehormatan Duta Besar Swiss ke Sumatra Utara

Cerita Lapang
05.02.2020

Pada 4 Februari 2020, Syngenta bersama dengan 9 perusahaan yang berasal dari Swiss turut hadir menemani kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Swiss untuk Indonesia, Kurt Kunz, ke Sumatra Utara (Sumut). Kehadiran Dubes Swiss disambut hangat oleh Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah di rumah dinas beliau.

Dalam pertemuan tersebut, Kurt Kunz menjelaskan bahwa sejumlah perusahaan asal Swiss berminat melakukan investasi dan menjajaki kerja sama dalam mengoptimalkan potensi ekonomi di Sumut. Wagub Sumut menyambut positif keinginan tersebut, karena investasi bisa menggerakkan perekonomian dan dapat menyerap banyak tenaga kerja. Salah satu hal yang menjadi perhatian Wagub adalah peningkatan ekonomi di desa dengan cara mengembangkan pertanian yang selama ini masih banyak menggunakan alat-alat tradisional.

Selain Syngenta, perusahaan yang juga hadir pada kesempatan ini adalah perusahaan asuransi (Adira), kimia, perikanan (Regal Springs), rokok (Japan Tobacco), perkakas mesin, elevator, dan teknologi pemrosesan makanan. Perusahaan-perusahaan tersebut nantinya menentukan apa saja yang akan mereka investasikan.

Syngenta sendiri memiliki 3 program yang dilakukan di Sumatra Utara yaitu pendampingan dan pelatihan kepada petani dalam hal manajemen pengelolaan produk perlindungan tanaman; memperkenalkan benih jagung hibrida Syngenta yang dapat ditanam baik di dataran tinggi maupun dataran rendah untuk mendukung peningkatan produksi jagung pipil; dan bekerja sama dengan pemerintah Sumatra Utara membantu petani mengendalikan serangan ulat grayak jagung Fall Army Worm (FAW).

Syngenta terus melakukan sinergi dengan pemerintah demi meningkatkan potensi ekonomi daerah, terutama di bidang pertanian.

Story contributor: Prakarsa Sitepu – Syngenta Indonesia