Kunjungan Petani Bawang Daun ke Syngenta Learning Center Parabon

Cerita Lapang
11.02.2020

Sebagai salah satu daerah penghasil sayuran di Jawa Barat, petani di Cianjur harus paham bagaimana cara mengendalikan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dengan tepat. Gangguan OPT bisa mengakibatkan produktivitas menurun yang akan berdampak pada berkurangnya pendapatan petani. Terlebih cuaca ekstrem yang terjadi saat ini bisa memicu OPT berkembang biak dengan cepat.

Bagaimana Syngenta berkontribusi untuk mengatasi masalah ini?

Pada 23 Januari 2020, Syngenta mengajak para petani bawang daun dan bawang putih untuk berkunjung ke Syngenta Learning Center yang berada di Parabon, Kabupaten Cianjur. Learning Center ini dibentuk oleh Syngenta bersama dengan kelompok tani Parabon sebagai wadah pembelajaran bagi para petani untuk mengetahui dan memahami OPT utama yang menyerang tanaman bawang daun dan bawang putih, sehingga petani mengetahui cara pengendaliannya dengan tepat.

Kegiatan ini mengajak petani untuk mengenal lebih jauh OPT dengan mengambil sampelnya di lahan secara langsung. Petani juga diedukasi untuk memahami kerugian yang akan dialami jika OPT tersebut tidak dikendalikan. Syngenta memberikan solusi tata cara pengendalian OPT melalui teknologi perlindungan tanaman dan bagaimana menggunakannya secara aman dan tepat. Sekitar 30 petani antusias mengikuti kunjungan ini.

Syngenta berusaha dengan giat dan cepat memberikan pengetahuan serta akses teknologi pengendalian hama penyakit yang tepat!

Story contributor: Rian Prayitno – Syngenta Indonesia