Workshop Virtual Panduan Pemberitaan Bunuh Diri untuk Media

Media

Setiap tanggal 10 September tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia (World Suicide Prevention Day).

Mendukung hari peringatan ini, Syngenta mendukung serangkaian workshop virtual yang diselenggarakan oleh Into The Light, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH), bagi komunitas media terkait ‘Panduan Pemberitaan Bunuh Diri untuk Media’.Menurut kajian dari Into the Light, masih banyak pemberitaan bunuh diri di media yang belum mempertimbangkan etika dimana identitas korban, alat bunuh diri dan juga detil cara melakukannya masih dijabarkan secara jelas.

Serangkaian workshop virtual ini dilakukan mulai dari tanggal 5 September hingga 17 Oktober dengan menargetkan 150 wartawan yang berasal dari kota Medan, Jambi, Lampung, Makassar dan Pontianak. Yang didapatkan oleh partisipan media dari workshop ini adalah meningkatkan kesadaran mengenai etika penulisan berita bunuh diri dan dampak positifnya, sekaligus mensosialisasikan panduan pemberitaan bunuh diri yang telah dibangun oleh Dewan Pers

Hasil nyata yang diharapkan dari workshop ini nantinya adalah pemberitaan bunuh diri dari media yang diperlakukan sebagai berita kesehatan jiwa dengan merujuk pada pemberitaan yang etis dan bertanggung jawab. Hal ini perlu didukung dengan pemahaman yang baik di tingkat editor, karena pemberitaan bunuh diri dapat menimbulkan dampak negatif dan depresi baik bagi wartawan dan juga pembaca.

Mari dukung #WorldSuicidePreventionDay #IntoTheLight #AliansiJurnalisIndependen #lembagabantuanhukum