You are here

Menyiapkan Pelatih Sawit Bagi Petani Untuk Prakondisi Menuju Sertifikasi ISPO

Stewardship
01.12.2020

Industri kelapa sawit memiliki dimensi yang besar dalam perekonomian maupun sosial masyarakat Indonesia. Terutama di berbagai pulau seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, sebagian Jawa, Maluku bahkan Papua.

Petani kelapa sawit pun merupakan kelompok petani penting bagi Syngenta untuk terus didukung dalam meningkatkan kapasitasnya dari berbagai aspek teknis.

Baru-baru ini, tim Syngenta di wilayah Kalimantan Barat bekerja sama dengan organisasi petani sawit dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan setempat dalam mengadakan Training of Trainers bagi penyuluh pendamping petani sawit swadaya. Kegiatan tersebut mengambil tema, “Menyiapkan Pelatih Sawit Bagi Petani Untuk Prakondisi Menuju Sertifikasi ISPO”.

Training of Trainers dilakukan selama tiga hari dengan materi mulai dari perkembangan isu sawit berkelanjutan yang harus dijalankan oleh petani seperti sertifikasi ISPO. Materi Good Agriculture Practices (GAP) perkebunan sawit juga diberikan yang meliputi persiapan lahan, pembibitan, penanaman, hama penyakit, pemeliharaan tanaman belum menghasilkan (TBM) dan tanaman menghasilkan (TM), pemupukan. Materi lainnya adalah manajemen panen dan kemitraan.

Pada Training of Trainers ini Syngenta mendapat kesempatan untuk berbagi informasi terkait penanganan produk perlindungan tanaman dan memperkenalkan produk Herbisida yang terdaftar untuk kelapa sawit yaitu Gramoxone dan Touchdown Neo. Informasi mengenai keamanan dalam penanganan produk perlindungan tanaman yang dapat dibagikan kepada peserta meliputi Lima Tepat aplikasi produk perlindungan tanaman, teknik aplikasi termasuk Kalibrasi dan Lima Aturan Emas. Dengan memahami materi tersebut diharapkan peserta dapat mengaplikasikan produk perlindungan tanaman secara tepat, efektif dalam pengendalian hama, penyakit dan gulma serta dan meminimalkan risiko yang mungkin terjadi dan memaksimalkan manfaat dari produk perlindungan tanaman yang digunakan.

Syngenta selalu siap mendampingi dan membuka akses petani sawit Indonesia terhadap teknologi inovatif dan berkelanjutan.

#gramoxone #touchdownneo #petanisawit #sawit #stewardship #limaaturanemas