Padi

Padi

Padi (bahasa latin: Oryza sativa L.) merupakan salah satu sumber karbohidrat utama dunia dan kebutuhan akan padi yang terus meningkat mengharuskan produktivitas yang juga tinggi. Dengan luasan lahan padi yang mencapai hampir 10 juta hektar dan produksi hingga 54 juta ton per tahun menjadikan Indonesia salah satu dari lima negara penghasil beras terbesar di dunia. Untuk itu, Syngenta berpartisipasi dalam proses modernisasi produksi padi dengan memperluas jangkauan portofolio dan layanan hingga mudah diakses oleh petani. Berdasarkan hasil Kajian Konsumsi Bahan Pokok pada tahun 2017 menunjukkan bahwa total konsumsi beras selama tahun 2017 mencapai sekitar 29,13 juta ton, dan angka produksi 2017 padi 81,3 juta ton atau setara beras 47,29 juta ton. 

Untuk itu, Syngenta berpartisipasi dalam proses modernisasi produksi padi dengan memperluas jangkauan portofolio teknologi dan layanan hingga mudah diakses oleh petani. 

Sumber: bps.go.id

Gulma

Tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan dan keberadaannya bisa menurunkan hasil tanaman utama.

Hama

Hewan yang menimbulkan kerusakan secara fisik, yang menyebabkan kerugian dalam pertanian.

Penyakit

Mikroorganisme berupa virus, bakteri, fungi (jamur), protozoa (hewan bersel satu), dan cacing nematoda yang bisa menyebabkan produktivitas tanaman menurun.