AgriTalk: Strategi Pengendalian Hama Wereng Batang Cokelat dalam Menjaga Stabilitas Produksi Padi Nasional | Syngenta

AgriTalk: Strategi Pengendalian Hama Wereng Batang Cokelat dalam Menjaga Stabilitas Produksi Padi Nasional

Cerita Lapang
31.05.2021

Pada pertanaman padi, wereng cokelat perlu mendapat perhatian yang serius karena dapat merusak tanaman secara langsung yang dapat menimbulkan kerugian. Untuk memberikan pengertian mengenai "Strategi Pengendalian Hama Wereng Batang Cokelat dalam Menjaga Stabilitas Produksi Padi Nasional" kepada masyarakat umum, International Association of Students in Agricultural and Related Sciences IAAS Indonesia mengadakan webinar pada Sabtu, 29 Mei 2021.

Pada acara ini, Syngenta Indonesia yang diwakili oleh Ibu Dwi Susilowati menjadi salah satu pembicara. Dalam presentasinya beliau menjelaskan mengenai potensi kehilangan hasil yang diakibatkan oleh serangan hama wereng. Wereng menyebabkan kerusakan minimal 20% dan merusak seluruh hamparan jika populasinya tinggi. Beberapa rekomendasi juga diberikan untuk mengendalikan hama wereng ini, diantaranya adalah tanam padi secara serentak, penggunaan varietas tahan wereng, perangkap lampu (light traps), dan pengaturan waktu persemaian padi. Selain itu, petani juga bisa menggunakan bantuan teknologi yang memang dibuat khusus untuk mengendalikan wereng. Selain dari Syngenta, hadir juga pembicara dari Universitas Gajah Mada, Prof. Ir. Edhi Martono, M.Sc., Ph.D.

Syngenta siap berkolaborasi memajukan dunia pertanian Indonesia dengan memberikan informasi dan edukasi yang tepat mengenai praktik pertanian dan teknologi yang akan membantu petani meraih hasil optimal.

 

#WerengCokelat #Plenum #TanamanPadi