Kampung Ramah Lingkungan Desa Tlajung Udik

Cerita Lapang
Dengan dukungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Pabrik Produk Perlindungan Tanaman Syngenta di Gunung Putri, Bogor telah meluncurkan Program Kampung Ramah Lingkungan di RW 20 Desa Tlajung Udik sebagai wilayah percontohan. Bekerjasama dengan yayasan_bumiwinayalestari, program ini memberikan edukasi dan kegiatan praktik mengenai pengelolaan sampah dan lingkungan kepada warga RW tersebut. Program ini penting agar ke depan warga dapat memahami permasalahan lingkungan yang ada dan berkomitmen menjaga lingkungan secara berkelanjutan. Program ini berbasis masyarakat yang artinya sepenuhnya dari masyarakat, untuk masyarakat dan dilakukan oleh masyarakat, sehingga Syngenta dan LSM Bumi Winaya Lestari hanya berperan sebagai fasilitator.

Program Kampung Ramah Lingkungan ini telah berhasil membangun bank sampah, instalasi pengolahan sampah komunal untuk sampah rumah tangga, dan rumah pembibitan sayur hidroponik. Bank sampah sudah berjalan lancar dengan jadwal penimbangan setiap 2 pekan sekali dan telah menjadi kegiatan ekonomi produktif bagi warga.

Syngenta berharap kedepannya program ini dapat digulirkan ke berbagai wilayah lain sekitar pabrik untuk menciptakan dampak luas terhadap pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

Story contributor: Nida Farashwanti Ahmad (HSE Administration)