Syngenta Dukung Diversifikasi Pertanian

Cerita Lapang
10.03.2022

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan di wilayah Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Donggala, Syngenta bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) setempat, Bank Mandiri dan PT Eazt Indonesia mendukung diversifikasi pertanian melalui program budidaya jagung.

Pada 25 Januari 2022 dilakukan acara penandatanganan MoU dari kemitraan ini, yang dihadiri sekitar 200 orang yang mewakili Pemerintah Kabupaten Donggala, Perusahaan Daerah (Perusda) Provinsi Sulawesi Tengah, KADIN Donggala dan Sulawesi Tengah, penyuluh pertanian, perbankan, dan petani. 

Melalui program ini lahan tidur kakao akan dimanfaatkan menjadi lahan produktif jagung. Tanaman jagung dipilih karena merupakan salah satu komoditi unggulan pertanian di Sulawesi Tengah yang dari tahun ke tahun permintaannya terus meningkat dan harganya relatif stabil.

Budidaya jagung dalam program ini dilakukan di lahan seluas 100 hektar, dan Syngenta akan menyediakan benih berkualitas dengan Good Agriculture Practice (GAP) serta melatih para Field Force (FF), Penyuluh Lapang Pertanian (PPL) dan petani. Bank Mandiri akan membantu modal usaha petani, dan PT Eazt Indonesia akan membantu menyerap hasil panen jagung.

#partneringforimpact #NK #SyngentaProud

 Story contributor: Bahtiar - Regional Sales Manager Seed Sulawesi & Kalimantan