PENGENDALIAN HAMA WERENG BATANG COKLAT DI PADI

Hama dan Penyakit
Banner Artikel Wereng Batang Coklat

Tanaman padi memiliki peran vital dalam penyediaan beras sebagai bahan pangan utama di Indonesia. Namun, dalam proses budidayanya, petani sering menghadapi tantangan besar berupa serangan hama wereng batang coklat. Mengatasi hama ini adalah langkah krusial untuk menjaga produksi padi yang optimal.

 

Identifikasi Wereng Batang Coklat

Wereng Batang Cokelat

Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens) adalah salah satu hama paling merugikan dan sulit dikendalikan pada tanaman padi. Hama kecil ini memiliki tubuh coklat dengan bintik di pertemuan sayapnya dan hidup di pangkal batang padi. Siklus hidupnya berlangsung antara 3 hingga 4 minggu. Pada tahap nimfa dan imago, wereng batang coklat mengisap cairan dari batang padi, mengganggu perkembangan tanaman dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan seluruh tanaman. Tantangan dalam memberantas wereng coklat ini terletak pada kemampuannya untuk berkembang biak dengan cepat dan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. 

 

Kerusakan yang Disebabkan 

Tanaman padi yang diserang oleh wereng batang coklat akan mengalami perubahan warna menjadi kekuningan. Tanda ini menunjukkan adanya kerusakan berupa terhambatnya pertumbuhan, yang menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan hampa. Pada serangan yang sangat parah, seluruh tanaman bisa berubah menjadi coklat, mengering (gosong), dan akhirnya mati. Serangan wereng batang coklat dapat menyebabkan kehilangan hasil panen yang signifikan, bahkan hingga 70%.

 

Cara Pengendalian

Penggunaan Insektisida

Pengendalian wereng batang coklat pada tanaman padi dapat dilakukan dengan penggunaan insektisida yang disetujui dan direkomendasikan untuk tanaman padi. 

 

vestoria

 

Pelajari Lebih Lanjut 

Vestoria merupakan insektisida racun syaraf dan kontak yang bekerja secara sistemik berbentuk butiran berwarna kuning kecoklatan yang dapat didispersikan dalam air untuk mengendalikan hama wereng batang coklat pada tanaman padi.

 

Pengendalian Hayati 

Penggunaan musuh alami seperti predator dan parasitoid adalah metode pengendalian yang ramah lingkungan. Beberapa jenis parasitoid dan predator efektif dalam menekan populasi wereng batang coklat secara alami, mengurangi ketergantungan pada bahan kimia dan menjaga keseimbangan ekosistem.

 

Pemantauan Rutin

Pemantauan rutin terhadap tanaman padi sangat penting untuk mendeteksi serangan wereng batang coklat sejak dini. Melalui pemantauan yang efektif, langkah-langkah pengendalian dapat segera diambil guna mencegah kerusakan yang lebih besar. Pemantauan yang konsisten membantu petani dalam mengelola tanaman dengan lebih baik dan responsif terhadap hama.

 

Kesimpulan

Wereng batang coklat adalah hama yang dapat menyebabkan kerugian signifikan pada tanaman padi. Dengan mengenali ciri-ciri serangannya, memahami dampak yang ditimbulkan, dan menerapkan metode pengendalian yang tepat, petani dapat mengurangi risiko serangan wereng batang coklat dan mempertahankan produktivitas padi yang optimal. Gunakan Vestoria™ pada umur 45 hari setelah pindah tanam untuk melindungi tanaman dari serangan wereng selama 28 hari sehingga potensi hasil panen terjaga dan lebih maksimal.